Cara Reset dan Hard Reset Ponsel Symbian v2,v3 & v5

Di dalam ponsel symbian untuk mengembalikan pengaturan & mengembalikan pengaturan awal pabrikan. Maka di kenal dgn istilah Reset & HardReset. Ingat Reset dan HardReset berbida?!.

Pertama saya akan menjalaskan Reset/mengambalikan pengaturan ponsel dulu.
Untuk ponsel Nokia Symbian v3 (5320  XM (Candybar)) masuk  ke :  Menu > Pengaturan > Pengaturan Pabrik  klik > Maka akan ada Pesan, “Kembali ke Penagaturan Awal? Telpon akan  Melakukan Restar”  pilih  YA utk melakukan Restar. Maka kamu akan diminta untuk  meMasukkan Kode Kunci (biasanya untuk standar  12345).
Nah,kalaunya untuk Nokia Symbian v2 ( N70)  masuk ke :  Menu > Setting > Phone > General >  Orig. Phone Setting   dan  Masukkan Luck Code (Code sama aja lima angka – tidak ada pesan  seperti v3).

Kedua menuju Cara HardReset Ponsel Symbian. Faktur kenapa harus dihardreset biasanya karena gak bisa masuk ketampilan dan lainnya. Sebelum melakukan HardReset sebaiknya/seharusnya/pastikan Pindah kan File-file yang ada di Memori Internal (Telpon). karena ‘Semua’ data yang ada di Memori Internal akan Hilang. Seperti : Kontak, Pesen, Foto, Video dan semua  yang kamu Simpan dan Install di Memori Internal akan ludes.   Bahkan seperti yang pernah saya alami aplikasi dan game pun tidak ada lagi di Menu (keduanya diinstall diexternal), Padahal di Memori External ukuran-nya masih tetap seperti masih ada file aplikasi dan game tersebut. So, where its applications and game?.

Symbian v3 (5320XpressMusic = Candybar).
Tekan tombol;  Power – Tekan tombol  Call (hijau) – Tekan angka  3 (Tiga) – Tekan tombol * (Bintang). Tekan/pencet dan tahan ke Empat tombol tersebut sampe ponsel kamu menyela kembali baru di lepas.

Symbian v5 (5800XpressMusic = TuchScreen (By: blog.uad.ac.id ).
Tekan tombol;  Merah (End)Hijau (Call) dan Camera. Tekan&Tahan ke Tiga tombol tersebut sampe ponsel  kamu menyela kembali baru di lepas. Tapi kalau ini saya gak pernah mencuba karena gk punya Hpnya dan diblog2 lain mengatakan berbagai triknya. Utk lebih jelasnya kalian bisa ke Http di atas atau cari dilain.

Symbian v2 (N70 = Candybar).
Tekan tombol; Power (seperti biasa kamu meIdupin Ponsel kamu) Baru Tekan tombol Call – Tekan  angka 3 –  Tekan  tombol *.  Tekan&Tahan keTiga tombol Call-3-* itu sampe  ponsel kamu menyala seperti biasa.
setelah  menyala baru dilepas.
Ada perbidaan antara v3&v2 ini?!  Di v3 Tombol Power ikut di Tekan, Jadi tombol yg ditekan menjadi 4.
Sedangkan di v2  Tombol Power ditekan seperti biasa kamu meHidupin Ponsel, jadi yg di tekan bersaman hanya ada 3.  Bagai mana diponsel kamu?.

Untuk Symbian v3 Qwerty (E63 dan lainnya).
Saya gak gitu ngerti tapi hasil penulusuran saya dgn alamat seperti diatas dgn contoh ponsel N97.
Seperti berikut Tekan tombol;  ShiftSpace barBackspace.

Sedikit masukan lagi: di 7610 (punya temen saya) akan ada tulisan Formatting. Namun, di Ponsel Saya (5320  XpressMusic) dan di  ponsel Adik saya (N70)  Pesan itu tidak ada .
Setelah ponsel kamu berhasil di HardReset dan menyala/berhasil masuk. Maka kamu harus mengatur ulang  ponsel kamu. Seperti: Tanggal, Jam, Profil,Tata letak Folder, dan masih Buanyakk…lagi.  Namanya juga HardReset, tidak seperti halnya Reset.
HardReset pada dasarnya hanya di gunakan saat keadaan ‘Genting’. Untuk itu lakukanlah dulu cara-cara sedarhana Seperti : Melepas kartu Memori <barang kali aja penyebabnya ada dimemorie> dan Melepas  Batre <asal aja>.  karena tidak mungkinkan kita Masuk ke menu untuk meReset ponsel. Jadi lakukan lah dulu cara Sederhana itu.
Itu-lah cara “Hard Reset Ponsel ” dan ” Cara Restar Ponsel”  Symbian.
Bagaimana dgn Ponsel Java? Di Java tidak ada cara tersebut. Untuk java yg saya tau hanya bisa diFlash. tentunya menggunakan alat Flash khusus ( Wach,,, Rebet juga yaa,,, Ponsel java).

Note; Artikel ini diambil dari Blog saya yg beralamat di  Ibnu-symbian.Blogspot.com.  blog itu hanya cuba2 buat aja ternyata ‘Membuat’ blog itu gampang yg sulit mengisi,upload,tampilan yg seperti di inginkan.
Dan artikel nya di rubah agar lebih di mengerti.

Oke, Smpe disini dulu saya tulis Artikel ini, salah Khilaf mohon di Ma’af kan (hehe,,, kaya ceramah aja). dan kita bertemu lagi diartikel berikutnya insaallah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: